Ads 468x60px

Rabu, 21 Januari 2015

KISAH FILM SWADES

Swades  
Berkisah tentang seorang pemuda India yang bekerja di NASA. Konflik terjadi ketika dia memutuskan untuk kembali ke India mencari wanita yang pernah mengasuhnya sejak kecil ketika ayah dan ibunya masih hidup. Baginya wanita itu adalah ibu kedua untuknya. Dia berniat untuk membawa wanita itu tinggal bersamanya di Amerika.
            Namun, kenyataan berbeda terjadi setibanya di India, dia menuju ke sebuah desa tempat dimana ibu keduanya itu menetap. Di desa tersebut banyak hal dan pelajaran yang dia lalui. Dia melihat suatu kondisi yang memperihatinkan terjadi di negaranya. Berbeda halnya di Amerika. Orang-orang di negaranya (India) merasa bangga dengan kebudayaan yang mereka miliki namun kurang memahami arti pendidikan dan kemajuan bagi generasinya. Kasta salah satu yang menjadi singgungan dalam film ini. Selain itu sorotan terhadap kemiskinan di belahan daerah di India menjadi sesuatu sangat menarik, mebuat saya teringat dengan keadaan Indonesia saat ini.
Mohan begitulah dia disebut dalam film Swades. Mohan melakukan banyak perubahan di desa itu. Tapi, NASA memanggilnya kembali untuk menyelesaikan proyek besarnya di Amerika yaitu sebuah satelit.
Mohan merasa berat meninggalkan India bukan hanya karena Khavariamma (wanita tua yang sangat dirindukannya) yang memutuskan untuk tidak ikut bersamanya ke Amerika, tapi karena dia juga bertemu dengan sosok gadis cantik bernama Gita. Seorang pengajar pada sekolah yang ada di desa tersebut.
Setelah proyeknya dengan NASA berhasil dia memutuskan untuk kembali ke India bukan hanya karena kecintaannya pada Khavariamma, kecintaannya kepada gadis yang bernama Gita, tapi terlebih karena kecintaannya kepada negaranya.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG

SpongeBob SquarePants