Ads 468x60px

Rabu, 21 Januari 2015

KISAH FILM CHENNAI EXPRESS

Chennai Express.
Chennai Express mengisahkan tentang kisah perjalanan Rahul (SRK) dari Mumbai menuju Rameshwaram untuk menaburkan abu sang Kakek di sungai terbesar di India Selatan tersebut. Satu pilihan kereta yang ngawur membawanya bertemu dengan Meenamma (Deepika Padukone), selanjutnya membawanya dalam sebuah perjalanan yang mengancam hidupnya, juga mempertemukannya dengan sebuah cinta.  Di dalam kereta api Chennai Express, Rahul menemukan bahwa Meenamma tengah dikawal oleh empat sepupunya yang hendak membawanya pulang setelah kabur dari kampung halamannya, Kambon Kaum. Di sana ia akan dijodohkan dengan seorang jawara di daerah tesebut bernama Tangaballi. Alasan utama perjodohan itu semata-mata hanya agar kekuasaan ayah Meenamma sebagai seorang don semakin luas dan kuat. Di titik inilah, Rahul sadar bahwa nyawanya juga dalam ancaman. Untuk itu, ia berusaha menuruti arahan Meenamma yang tidak pernah menghilangkan upayanya untuk kabur dan memutuskan perjodohan itu.
Dalam usaha kabur tersebut, Rahul dan Meenamma mengalami banyak hal bersama. Mereka rela berbohong sebagai sepasang pengantin baru demi bisa tinggal sementara di Desa Vidhamba. Sebagai pengantin baru bohongan, mereka pun rela mengikuti ritual menaiki 300 anak tangga menuju kuil suci di desa tersebut. Keberhasilan Rahul mengendongnya menuju kuil tersebut menimbulkan benih-benih cinta dalam diri Meenamma. Sebab sangat jarang sepasang pengantin mampu berhasil melalui ritual tersebut. Sehingga, bagi yang sukses mencapai kuil dipercaya mereka tidak akan terpisahkan, dan akan selalu hidup bersama hingga tujuh keturunan. Bagi Rahul sendiri, ia baru menenemukan dan menyakinkan diri sendiri akan cinta kepada Meenamma setelah melihat kesetiaan Meenamma menemaninya untuk menaburkan abu kakeknya di sungai Rameshwaram. Demi menunjukkan kesungguhannya, Rahul bersedia menantang maut untuk membawa Meenamma kembali ke Kambon Kaum, walaupun ia tahu semua orang di sana telah memburunya dan hendak membunuhnya.
Banyak hal menarik yang bisa ditemukan dan menjadi pelajaran dalam Chennai Express, tentunya selain tekad demi cinta akan melipatgandakan kekuatan kita hanya untuk berjuang mendapatkan seorang tercinta meskipun nyawa taruhannya, dan cinta tidak mengenal bahasa, walaupun Rahul berbahasa Hindi dan keluarga Meenamma menggunakan bahasa Tamil, mereka saling memahami dalam bahasa cinta.
Film ini memperlihatkan pula bagaimana refleksi masyarakat India. Rahul yang berasal dari utara atau kota besar, Mumbai, mempunyai pemikiran yang bebas, sedangkan Meenamma harus berhadapan dengan aturan dan ikatan adat tradisionalnya sebagai masyarakat pedesaan di selatan India. Dari penampakannya pun terlihat berbeda, Rahul memakai kaos dan jins, sedangkan Meenamma dan wanita di Komban Kaum tetap dengan saree dan warga laki-laki nyaman memakai dhoti.
Romansa komedi yang ditampilkan Chennai Express terasa ringan dan sangat menghibur. Selama satu jam pertama film berlangsung, penonton dijamin tidak akan berhenti tertawa atas perpaduan aksi SRK dan Deepika. Ditambah lagi, film ini bisa dikatakan sebuah semi drama-musikal sebab dalam beberapa scene SRK dan Deepika melagukan dialog di antara mereka agar orang-orang tidak curiga dengan obrolan mereka. Bila yang kurang menyukai drama-musikal ala Broadway seperti yang pernah ditampilkan di film Les Miserables, musikalisasi dialog di film berdurasi 140 menit ini sungguh menyegarkan ditambah lagi dengan irama musik Hindi yang selalu mengajak pendengarnya bergoyang. Selain itu, di Chennai Express terdapat pula beberapa dialog yang memplesetkan tagline film-film populer Bollywood lainnya, misalnya, “I’m Rahul and I’m not a terrorist.” dari My Name Is Khan dan “Oil is well.” yang masyur dari 3 Idiots.
Tampilan lanskap India yang disusun dalam Chennai Express sebenarnya sama dengan apa yang juga dimiliki Indonesia. Dalam perjalanan kereta, diperlihatkan pegunungan di sisi rel, hamparan pepohonan luas, air terjun, dan sungai semua pemandangan itu sangatlah memanjakan mata sebab dipadukan dengan teknik cinematografi kelas wahid yang merangkai semua pemandangan alam India dengan visual effect yang apik. Sehingga tanpa disadari, insan perfilman tanah air harusnya berkiblat dengan Bollywood, yang memiliki budaya dan alam yang serupa. Bollywood saja mampu dan bangga menyajikan keragaman budayanya dan keindahan alamnya sebagai bagian dari industri perfilman mereka. Dengan keberanian itu, sehingga tidak heran perfilman Bollywood merupakan etalase terbaik bagi pariwisata negeri Taj Mahal itu.
Meskipun Chennai Express tetap berkutat dengan romansa komedi yang memang menjadi keahlian Shahrukh Khan, film ini seperti halnya film SRK lainnya juga menyimpan pesan monumental yang tersembunyi menjadi nafas utama dalam alur film. Chennai Express menyuarakan persamaan kesempatan bagi wanita tradisional India di Selatan. Pesan ini sangatlah serius di tengah sorotan India terhadap segala kasus pemerkosaan dan pelecehan wanita yang terjadi di bangsa yang telah berumur 66 tahun itu. Dalam Chennai Express memperlihatkan bagaimana Rahul (SRK) mencoba menyadari para pria di Komban Kaum untuk tidak mengekang keinginan anak-anak perempuan di sana, bahkan mereka seharusnya menghormati perempuan dengan mendengarkan dan mempertimbangkan segala keinginanannya, jangan selalu mendewakan kekuatan laki-laki di atas perempuan.
Sekali lagi, Chennai Express adalah sebuah tontonan drama komedi yang segar dan tidak murahan, selain itu banyak pelajaran yang bisa dipetik dari film ini. Sehingga, pantaslah Chennai Express menyandang predikat sebagai film tersukses Bollywood sepanjang masa.
“Don’t underestimate the power of a common man…”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG

SpongeBob SquarePants